Wednesday, May 30, 2012

MANAJEMEN PENERBITAN)>> PROPOSAL PENDIRIAN PERUSAHAAN PENERBITAN


PROPOSAL PENDIRIAN PERUSAHAAN
PENERBITAN
PT. CHALIFAH FILARDI


 
Disusun oleh:
Tika Safitri
NIM 11310025/Jurusan Penerbitan Angkatan 2011


POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF JAKARTA
Jl. Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640
Telp. 021-7864753-55, Fax 021-7864756
Mei 2012

Kata Pengantar
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kepada kami nikmat yang tak terhingga. Salam dan shalawat bagi junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam beserta segenap keluarga dan sahabat-sahabatnya, berikut pengikutnya hingga akhir zaman. Dan Alhamdulillah, atas ridhoNyalah proposal perusahaan ini dapat terselesaikan.
 
Semakin meningkatnya permasalahan yang ada di masyarakat, sehingga masyarakat semakin membutuhkan informasi yang bisa memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada. Salah satu permasalahan yang sering terjadi dan cukup penting di masyarakat adalah permasalahan edoisme, dimana sebagian umat kita cenderung hidup sangat jauh dengan ingatan bahwa tujuan manusia diciptakan oleh Tuhan adalah semata-mata hanya karena untuk menyembahNya. Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi Tika Safitri, ahli madya muda sekaligus anak pertama dari 4 bersaudara keluarga Bapak Sutomo, untuk mendirikan perusahaan penerbitan Islami dalam bentuk produksi majalah yang bertemakan khalifah di dunia. Beragam permasalahan yang ada di dalam kehidupan sehingga banyak topik yang lebih spesifik bisa diangkat. Mulai dari permasalahan sosial, politik, ekonomi, pergaulan, hubungan dengan Sang Pencipta (HabluminAllah), hubungan antar manusia (Hablumminannaas), dan segala hal yang

berhubungan dengan kehidupan dunia yang fana ini dan kehidupan kelak yang kekal—akhirat.
Setelah mencoba menggeluti pelbagai macam usaha, akhirnya Tika dengan proposal ini berniatan untuk menyegerakan pendirikan usaha penerbitan majalah khalifah di dunia—Chalifah Filardi atau disingkat C Media. Awalnya, Tika berlulusan dari D3 Penerbitan di salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta. Lalu ia bekerja sebagai jurnalis di suatu Media Islami sekaligus freelance penerjemah, freelance penyunting, dan freelance lay-outer. Setelah bekerja dalam waktu cukup singkat 2 tahun, Tika mencoba menjadi pembisnis makanan Timur Tengah dengan pendirian beberapa cabang rumah makan di wilayah Jakarta Selatan-Depok. Lalu, dengan nekat dan keyakinan pada Sang Penciptalah, Tika berikhtiar untuk mendapatkan keridhoan di kehidupannya dengan mendirikan perusahaan baru yaitu perusahaan penerbitan Islami sesuai dengan rancangan proposal perusahaan yang telah terbentuk ini.
Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, saya sertakan proposal perusahaan ini, sebagai salah satu bentuk perencanaan awal perusahaan kami.



Jakarta, 30  Mei 2012
( Tika Safitri )

DAFTAR ISI
Kata Pengantar 1-2
Daftar Isi 3
1 ) BAB I Pendahuluan  4-7
1.1) Pengertian Manajemen 4
1.2) Fungsi Manajemen 4
1.3) Nama Perusahaan 5
1.4) Alamat Perusahaan 5
1.5) Logo Perusahaan dan Moto 5
1.6) Bidang Usaha  6
1.7) Latar Belakang Perusahaan 6
1.8) Tujuan dan Manfaat Perusahaan 6-7
2 ) BAB II Rancangan Perusahaan 8-24
2.1) Perencanaan 8-19
2.2) Pengorganisasian 19-20
2.3) Penggerakan  21
2.4) Pengendalian 24
3 ) BAB III Penutup 25
            3.1) Hambatan 25
            3.2) Kesimpulan dan Saran 25
Daftar Pustaka 26

BAB I
PENDAHULUAN


1.1.    Pengertian Manajemen
            Secara singkat, manajemen adalah suatu uasaha merencanakan, mengoraganisir, mengarahkan, mengkoordinir, serta mengawasi kegiatan dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif.
            Juga  bisa berarti fungsi peranan maupun keterampilan. Manajemen sebagai fungsi meliputi usaha POAC: Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan (Actuating), dan Pengendalian (Cooperating). Sedangkan manajemen sebagai peranan adalah antar pribadi pemberi informasi dan pengambil keputusan. Manajemen juga berarti pengembangan ketrampilan yaitu teknis, manusiawi, dan konseptual.

1.2.    Fungsi Manajemen
                        A. Perencanaan        
                        B. Pengorganisasian
                        C. Penggerakan
                        D. Pengendalian
***Diterangkan lebih lanjut di BAB II Rancangan Perusahaan       




1.3.    Nama Perusahaan
Nama perusahaan penerbit kami akan bernamakan PT. CHALIFAH FILARDI. Bahasa Arab dari pengatur yang berguna bagi kemaslahatan umat dunia.

1.4.    Alamat Perusahaan
Kantor dan lokasi produksi terbitan PT. CHALIFAH FILARDI akan bertempat di Jl. Melati D.4 No. 24 Depok (komplek Pesona Pitara )

1.5.    Logo Perusahaan dan Moto
Diskripsi logo  :
-          Terdiri dari dua komponen utama: Lambang Bumi dan Huruf “C”.
-          Lambang Bumi merupakan simbol pembahasan yang dihasilkan produk perusahaan kami—yaitu kehidupan.
-          Huruf “C” merupakan inisial dari PT. CHALIFAH FILARDI. Simbol “C” ini diukir membentuk simbol bulan melengkung menunjukkan keterkaitan dengan simbol Masjid di permukaan kubah yang memiliki makna bahwa perusahaan penerbit kami bekerja di bidang keagamaan yang bersifat melindungi kemaslahatan di Bumi.
-          Warna dasar yang digunakan yakni hijau dan biru yang memiliki kedekatan dengan unsur Surga dan Bumi yang tentram.

Moto               :           “Chalifah Filardi—menuju keshalihan pribadi dan umat!”

 
1.6.    Bidang Usaha
PT. CHALIFAH FILARDI merupakan badan perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan majalah islami, dengan mengedepankan manajemen terpadu, serta berorientsi penulisan kearifan.  Usaha yang kami kembangkan hanyalah terfokuskan pada majalah.

1.7.    Latar Belakang Perusahaan
PT. CHALIFAH FILARDI berdiri atas dasar keprihatinan terhadap masalah pendidikan agama di Indonesia, khususnya di pusat kota yang dikenal lebih baik pendidikannya daripada kota lain—tapi terlihat kesulitan dalam menangani masalah ini. Selain itu juga dikarenakan penerbit-penerbit yang ada selama ini paling banyak terdapat terbitan yang belum terfikirkan ke arah kerohanian. Meskipun telah ada, hanya terpaku pada sajian buku dengan satu pembahasan—monoton. Maka dari itu, PT. CHALIFAH FILARDI berusaha untuk menyajikan terbitan dengan sajian berupa majalah dengan isi yang lebih inovatif dan tampilan yang lebih memiliki karakter.

1.8.    Tujuan dan Manfaat Perusahaan
PT. CHALIFAH FILARDI didirikan untuk mencapaikan pembantuan eksistansi keunggulan pada penerbit-penerbit majalah Islami yang telah ada. Pendirian penerbit majalah Islami PT. CHALIFAH FILARDI ini diharapkan dapat memberi akselerasi terhadap perkembangan peminatan membaca dan menulis yang telah ada.
Berdirinya perusahaan ini juga memiliki manfaat edukasional bagi masyarakat sekitar, diantaranya:
-          Mencerdaskan masyarakat Indonesia dengan bacaan yang berguna untuk dunia dan akhirat.
-          Meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan pengetahuan ajaran yang diwariskan Rasulullah, Nabi Muhammad SAW.
-          Perusahaan penerbit ini berupaya menganggarkan biaya untuk membantu kaum duafa (nominal yang dirahasiakan).
-          Membantu pelatihan penulisan dengan sarana dan prasarana yang bebas biaya bagi peminat nulis pada genarasi muda
-          Menjadikan pribadi umat manusia yang khalifah dan shalih.



BAB II
RANCANGAN PERUSAHAAN
PT. CHALIFAH FILARDI


A. PERENCANAAN
Perencanaan adalah penentuan segala sesuatu sebelum dilakukan kegiatan-kegiatan. Fungsi perencanaan ini meliputi usaha pemilihan berbagai alternatif tujuan strategi, kebijaksanaan, dan taktik yang akan dijalankan.
A.1. Visi dan Misi Perencanaan
Visi:    Mengembangkan usaha secara profesional dalam bidang penerbitan dan perdagangan yang berbasis dakwah, ekonomi dan sosial untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan kekuatan umat menuju masyarakat islami yang mandiri, beriman dan bertakwa berdasarkan Al-Quran dan As-Sunah. Intinya PT. CHALIFAH FILARDI ingin “Membangun Khalifah di Dunia”.

Misi:    - Membuka penerbitan majalah yang berunsurkan      kaedah  Islam.
                        - Mendistribusikan majalah Islam ke khalayak umum.
- Mencerdaskan masyarakat awam dengan ilmu-ilmu Islam lebih dalam.



                       
A.2. Analisis SWOT
                                    - Kekuatan (Strength)
Kekuatan kami adalah pada potensialnya karya-karya tulisan para penyumbang naskah yang kebetulan juga sebagian yang akan kami rekrut adalah yang sudah berpengalaman—sehingga menghasilkan produk-produk terbitan yang berkualitas. Memiliki jaringan maya maupun nyata serta database pelanggan. Letak bangunan penerbit PT. CHALIFAH FILARDI pun dalam wilayah yang mudah dijangkau.
                                    - Kelemahan (Weakness)
Dikhawatirkan sebagai perusahaan yang akan baru berdiri—suatu hari akan terdapat Sumber Daya Manusia kami yang kurang peka terhadap perubahan serta implementasi. Berikutnya majalah yang dipatokkan dengan harga relative murah, dan dengan skala ukuran yang mini dikhawatirkan sedikitnya lirikan pangsa pasar.
                                    - Peluang (Opportunity)
Peluang menembus pangsa pasar yang cukup luas, akibat baru sedikitnya majalah Islam yang bermunculan.
- Ancaman (Threat)
Ketersaingan dengan evolusi-evolusi majalah era masa kini yang inovatif—kompetitor, dan ketidakpekaan PT. CHALIFAH FILARDI pada selera konsumtif bacaan masyarakat yang berubah-ubah.




                    A.3. Penggunaan Sumber Daya 5M+I+E
                                    - Man (manusia/pekerja)
PT. CHALIFAH FILARDI akan merekrut beberapa karyawan  dengan posisi sebagai berikut:
ü  Komisaris                                : Tika Safitri
ü  Direktur                                   : Tika Safitri
ü  Pemimpin Redaksi                  : Raihan Ibrahim
ü  Redaksi Pelaksana                  : Irfan Malik
ü  Editor                                      : Tia Mia
ü  Reporter                                  : Isyamarwan
ü  Pemasaran dan sirkulasi          : Khairunissa Nisa
ü  Iklan                                        : Ibnu Bastos
ü  Umum                                     : Faris Arsyads
ü  Produksi dan Design Grafis    : Rahib Akbar
ü  Keuangan                                : Putri Mulyaningsih
                                    - Money (modal)
Modal pendirian perusahaan penerbitan PT. CHALIFAH FILARDI ini akan menggunakan prive tabungan Tika Safitri—selaku badan komisaris dan direktur sebesar Rp. 100.000.000,_
                                               
                                    - Material (bahan-bahan)
Bahan-bahan yang akan dipersediakan pada PT. CHALIFAH FILARDI sebagai kebutuhan primer perusahaan antara lain ialah:
Peralatan (1x pembelian)
ü  Komputer                    : 10 perangkat
ü  Meja Kantor                : 10 buah
ü  Kursi Kantor               : 10 buah
ü  AC                              : 5 buah
ü  Telefon                        : 10 buah
ü  Line Telfon                 : 1 sambungan
ü  Fax                              : 1 buah
ü  Printer within Scanner : 2 buah
ü  Kamera Tersembunyi  : 1 buah
ü  White Board               : 1 buah
ü  Penyokot                     : 10 buah
ü  Pemasangan Wifi        : 1 buah

Perlengkapan (pembelian per bulan)
ü  Spidol                          : 10 buah
ü  Kertas A4 80gr           : 10 ring
ü  Isi Penyokot                : 10 kotak
ü  Amplop Coklat Besar :  8 lusin
ü  Amplop Coklat Gaji    : 2 lusin
ü  Amplop Putih Biasa    : 4 lusin

                       
                                    - Methode (cara kerja)
Para karyawan dipekerjakan 5 hari—Senin sampai Jumat dalam seminggu pada kantor penerbit PT. CHALIFAH FILARDI. Dan produksi C Media akan terbit setiap hari Jumat dalam tiap dua pekan sekali dengan jumlah 2,000 eksemplar.
Dan apabila diambil rata-rata, kapasitas terbitan C Media—produksi PT. CHALIFAH FILARDI per tahun adalah sebagai berikut:
JUMLAH JUDUL
JUMLAH CETAK
TOTAL
48 judul
2.000 eks.
96.000eks

Harga C Media Wil. Jawa: Rp.11.000,_
Harga C Media Luar Jawa: Rp.12.000,_
           
Perkiraan perhitungan hasil penjualan produksi selama setahun:
96.000eks. : 2 (wil. Jawa & Luar Jawa) = 48.000eks.
48.000eks. x Rp.11.000,_ = Rp.528.000.000,_
48.000eks. x Rp.12.000,_ = Rp.576.000.000,_  +
                                          Rp.1.104.000.000,_

Rp.1.104.000.000,_ : 12 (tahun) = Rp.92.000.000,_
                               
Jadi, diperkiraan laba kotor yang akan diperoleh oleh PT. CHALIFAH FILARDI dalam memproduksi C Media setiap bulannya dengan jumlah produksi 24.000eks per bulannya—yaitu Rp.92.000.000,_

- Machine (mesin)
PT. CHALIFAH FILARDI tidak akan menyediakan mesin apapun. Karena Penerbit kami berbasis prosesi terbitannya saja, sedangkan percetakannya di luar/menggunakan jasa percetakan yang ada.
                                    - Information (informasi)
                                                Email                           : chalifah_media@gmail.com
Alamat Pos Surat        : Jl. Melati D.4 No. 24 Depok 16320 (Komplek Pesona Pitara).
Website Official          : penerbit-chalifah-filardi.net
Telpon                         : 081932373298/02177242155

                                    - Energy (energi)
Energi yang akan digunakan PT. CHALIFAH FILARDI adalah sebagai berikut:
ü  Listrik 2.000 watt pasca bayar
ü  Air pasca bayar                      

ü  Telpon pasca bayar                
ü  Wifi pasca bayar                    


                    A.4. Estimasi Nilai Peralatan dan Anggaran
Kebutuhan modal awal:

PERALATAN
JUMLAH
SALDO
Komputer
10 pcs.
Rp. 30.000.000,_
Meja Kantor
10 pcs.
Rp. 4.000.000,_
Kursi Kantor
10 pcs.
Rp. 1.000.000,_
AC
5 pcs.
Rp. 7.500.000,_
Telfon
10 pcs.
Rp. 2.000.000,_
Line Telfon
1 x
Rp. 500.000,_
Fax
1 pc.
Rp. 2.000.000,_
Printer within Scanner
2 pcs.
Rp. 8.000.000,_
Kamera Tersembunyi
1 pc.
Rp. 1.500.000,_
White Board
1 pc.
Rp. 200.000,_
Penyokot
10 pcs.
Rp. 100.000,_
Pemasangan WIFI
1 pc
Rp. 500,000,_

Rp. 57.300.000,_

Ongkos rutin bulanan:
BEBAN-BEBAN
SALDO
Beban Listrik
Rp. 2.000.000,_
Beban Air
Rp. 2.000.000,_
Beban Telfon
Rp. 2.000.000,_
Beban Wifi
Rp. 200.000,_

Rp. 6.200.000,_



PERLENGKAPAN
JUMLAH
SALDO
Spidol
10 pcs.
Rp. 50.000,_
Kertas A4 80gr
10 rings
Rp. 300.000,_
Isi Penyokot
10 boxes
Rp. 50.000,_
Amplop Coklat Besar
8 dozens
Rp. 80.000,_
Amplop Coklat Gaji
2 dozens
Rp. 10.000,_
Amplop Putih Biasa
4 dozens
Rp. 20.000,_

Rp. 510.000,_



Maka untuk perealisasian awal PT. CHALIFAH FILARDI membutuhkan dana/modal awal sebesar:

Rp. 57.300.000,_ + Rp. 6.200.000,_ + Rp. 510.000,_ =  Rp. 64.010.000,_

*** Ruko PT. CHALIFAH FILARDI sudah terbeli sejak dari jauh-jauh hari—Hibah dari direktur, jadi tidak dicantumkan sebagai modal awal.  Pada halaman 10 disebutkan pengeluaran/prive direktur sebesar Rp. 100.000.000,_ Nominal tersebut selain termasuk dari total Rp. 64.010.000,_ juga sebagian prive yang akan dipergunakan sebagai beban percetakan edisi pertama C Media sekaligus beban gaji karyawan pada bulan pertama kerja.


                        A.5. Sumber Naskah
Isi tulisan atau naskah didapat dari Pusat Pelatihan “Penulisan Kearifan” yang bermitra langsung oleh PT. CHALIFAH FILARDI, reporter perusahaan kami, dan juga dari semua karyawan kami, dimana diwajibkan perorang dari kami menyumbang satu naskah di tiap periode terbitan majalah kami.

A.6. Surat Perjanjian Penerbitan (SPP)
SPP adalah kunci segala proses penerbitan setelah proses naskah lolos dan dipersetujukan antara sang penulis dengan penerbit. Dan SOP SPP PT. CHALIFAH FILARDI, adalah seperti ini :

- Kepemilikan Naskah,
Dalam klausul ini berisi pernyataan bahwa Penulis adalah benar-benar yang memiliki--menulis naskah tersebut, dan menyerahkan naskah kepada Penerbit PT. CHALIFAH FILARDI untuk diterbitkan.

- Hak Cipta
Pernyataan bahwa naskah tersebut tidak melanggar hak cipta atau dapat menyinggung pihak lain. Apabila terbukti melakukan pelanggaran, maka Penulis membebaskan Penerbit PT. CHALIFAH FILARDI dari segala tuntutan yang terjadi. Dalam klausul ini juga ditegaskan pula bahwa Penulis tidak akan memberikan izin kepada pihak lain untuk menerbitkan naskah dalam bentuk apapun, termasuk publishing di internet, dijadikan sinetron, film, dll. tanpa seizin penerbit PT. CHALIFAH FILARDI.

- Jadwal Terbit
Klausul ini akan menyatakan tentang jadwal terbit naskah yang akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada periode tertentu. Dan PT. CHALIFAH FILARDI menjatuhkan tempo jadwal terbit naskah selambat-lambatnya 6 (enam) bulan dari tanggal yang ditandatangani SPP. Apabila lewat dari periode tersebut dan naskah belum juga diterbitkan, maka Penulis berhak untuk menarik kembali naskahnya, atau merundingkan jadwal penerbitan ulang dengan penerbit PT. CHALIFAH FILARDI.




-Cek Proof
Permintaan oleh PT. CHALIFAH FILARDI agar Penulis bersedia untuk memeriksa cetak coba (proof) atas naskah yang sudah siap cetak. Pemberian hak kepada PT. CHALIFAH FILARDI oleh Penulis untuk mengedit naskah, mengatur segala rupa, bentuk, harga, dan sistem penjualan buku yang dicetak kepada Penerbit.

- Cetakan Pertama
Klausul ini menyebutkan jumlah eksemplar yang akan menjadi cetakan pertama (Misalnya 2.000 eksemplar), dan jumah eksemplar tambahan yang akan digunakan untuk keperluan promosi. Dan untuk PT. CHALIFAH FILARDI, sendiri, cetak tambahan ini tidak lebih dari 10% dari jumlah cetakan pertama.

-  Royalti
Berdasarkan cara perhitungan dan pengenaan PPh Ps. 23 yaitu Royalti yang akan diterima oleh Penulis dari PT. CHALIFAH FILARDI sebesar 10%. Dan bagi PT. CHALIFAH FILARDI, jadwal periode pembayaran royalti akan diberlakukan per semester.

- Jangka Waktu Perjanjian
Dalam dunia penerbitan terdapat dua jenis jangka waktu perjanjian, yaitu dihitung berdasarkan tahun dan dihitung berdasarkan jumlah cetakan. Namun PT. CHALIFAH FILARDI sendiri memilih untuk memberlakukan perhitungan dalam sekala tahun demi terjadinya keefektifan perhitungan dan menghindari segala resiko percetakan yang mungkin dapat terjadi.

Dan jangka waktu perjanjian yang telah kami putuskan untuk perusahaan kami yaitu 5 (lima) tahun. Maka, setelah 5 (lima) tahun terlampaui, hak naskah kembali ke penulis.

- Bukti Terbit
Penulis akan mendapatkan hak berupa bukti terbit pada saat naskahnya sudah selesai dicetak atau dicetak ulang. PT. CHALIFAH FILARDI memberikan aturan mengenai jumlah eksemplar kepada penulis, yaitu Penulis akan mendapatkan 10 (sepuluh) eks. pada cetakan pertama dan 5 (lima) eks. untuk cetakan berikutnya. Dalam klausul ini disampaikan pula prosentasi rabat atau diskon yang diperoleh apabila Penulis membeli langsung hasil produk naskahnya dari PT. CHALIFAH FILARDI.

- Pemeriksaan melalui Akuntan Publik
Apabila Penulis merasa tidak yakin mengenai kerjasama yang berlangsung, Penulis berhak untuk meminta penegasan dari Akuntan Publik mengenai jumlah buku yang dicetak, yang terjual, royalti yang dibayarkan dan lain-lain oleh PT. CHALIFAH FILARDI. Biaya yang dikeluarkan untuk menyewa Akuntan Publik menjadi kewajiban Penulis.

- Cetak ulang
Sebelum cetak ulang, PT. CHALIFAH FILARDI akan menyampaikan pemberitahuan kepada Penulis. Apabila untuk cetakan berikutnya ternyata diperlukan adanya revisi naskah, maka Penulis bersedia untuk melakukan revisi tersebut. Apabila Penulis

berhalangan, maka PT. CHALIFAH FILARDI akan menunjuk orang lain untuk melakukan revisi.

- Hak Waris
Selama kontrak 50 tahun masih berjalan, Penulis yang meninggal dunia masih akan menerima hak royaltinya dan diserahkan kepada ahli waris yang berhak.

- Kondisi Force Majeur
Kondisi yang tidak memungkinkan kerjasama berjalan dengan lancar, misalnya bencana alam, dan lain-lain, sehingga segala proses harus terhenti sementara, dan Penulis diharapkan bisa bertolerir.

- Musyawarah
Segala sesuatu yang tidak tercantum dalam SPP ini bisa dibicarakan antara kedua belah pihak dengan cara musyawarah. Begitu pula kalau ada perbedaan penafsiran mengenai pasal-pasal dalam SPP ini. Kalau tidak tercapai kata mufakat, akan ditunjuk lembaga pengadilan untuk penyelesaian masalah.

SPP ini ditandatangan di atas bermeterai 6000 oleh kedua belah pihak, dan dinyatakan sah kalau kedua belah pihak sudah menandatanganinya.

A.7. Percetakan
Dalam prosesi percetakan, PT. CHALIFAH FILARDI akan bekerjasama dengan Percetakan PT. CETAK TERUS.


           
                        A.8. Pasar
Jangkauan pasar produk hasil PT. CHALIFAH FILARDI yaitu kepada Toko Buku-Toko Buku yang tersebar di wilayah Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa, termasuk agen buku/grosir, dll.


B. PENGORGANISASIAN
          Pengoragnisasian adalah usaha mensinkron dan menyatukan segala kegiatan dalam organisasi agar tercapai tujuan organisasi.
                    B.1. Jenis Organisasi
PT. CHALIFAH FILARDI akan memakai Jenis Organisasi
Fungsional sebagai bentuk pengorganisasiannya.

                        B.2. Bagan Organisasi




 
B.3. Job Description
- Komisaris                  : Dewan yang mengatur kinerja direktur.
- Direktur                    : Yang mengatur kinerja karyawan bawahannya.                              
- Pemimpin Redaksi    : Dewan yang memimpin kinerja redaksi yang ada.
- Redaksi Pelaksana    : Dewan yang mengatur prosesi pelaksanaan naskah dan yang menyetujui atau tidak naskah yang berdatangan.      
- Editor                        : Dewan yang akan mengoreksi naskah yang masuk.            
- Reporter                    : Sebuah profesi yang akan mencari narasumber dengan cara wawancara sebagai hasil untuk naskah yang akan dimuat.          
- Pemasaran/sirkulasi: Yang berhadapan langsung dengan human relation
- Iklan                          : Lebih ke pembuatan multimedia guna promosian perusahaan.                    
- Umum                       : Lebih ke penulisan naskah pada majalah.
- Produksi dan Design Grafis : Layouter dan Illustrator cover.
- Keuangan                  : Yang memperhitungkan segala laba rugi perusahaan.                     



C. PENGGERAKAN
          Penggerakan merupakan kegiatan memulai atau memelihara kegiatan sesuai dengan rencana, meliputi juga penyesuaian dan perumusan keinginan orang-orang kepemimpinan, tindakan kompensasi, dll.

                    C.1. Motivasi
Memotivasi karyawan dengan cara diadakannya apel pagi sebelum jam waktu kerja dimulai pada setiap harinya. Serta pemberian sebagian uang sebagai bonus atau THR guna mencapai karyawan yang lebih bersemangat.

                        C.2. Jenis Kepemimpinan
PT. CHALIFAH FILARDI memakai Sistem/Gaya kepemimpinan Demokratis. Dimana kami memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan diusahakan untuk selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Pemimpin akan memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya. Dan para anggota memiliki peranan yang lebih besar. Sedangkan pemimpin PT. CHALIFAH FILARDI hanya akan menunjukkan sasaran yang ingin dicapai—tentang cara untuk mencapai sasaran tersebut, namun anggota yang menentukan. Selain itu, anggota kami juga diberikan keleluasaan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

C.3. Jenis Kesejahteraan
PT. CHALIFAH FILARDI akan meningkatkan gaji karyawan pada 3 (tiga) awal tahun masa pekerjaan, serta memberikan tunjangan berobat dan tunjangan akhir tua/pensiun untuk para karyawan di masa mendatang.

D. PENGENDALIAN
          Pengendalian merupakan kegiatan melakukan pengamatan apakah pelaksanaan sesuai dengan rencana dan juga merupakan pelaksanaan kegiatan dan tindakan korektif.
                    D.1. Standar Operasional Prosedur (SOP)
SOP PT. CHALIFAH FILARDI dalam tata cara pemilahan naskah yang masuk ke redaksi hingga proses pembuatan majalah sampai ke pemasarannya tanpa perpanjangan waktu yang telah diperkirakan efektifitasnya.

Tujuan:
- Terbit tepat waktu, yaitu tiap 2 (dua) pekan sekali di hari Jumat.
- Terlayaninya konsumen C Media dengan bacaan yang baik, bermutu, dan up to date.
Kebijakan:
- Penyeleksian naskah, pemrosesan ke percetakan, dan pemasaran ke konsumen dilakukan oleh segenap jabatan yang berada di penerbit PT. CHALIFAH FILARDI.
- Naskah yang diproses lebih lanjut adalah naskah sesuai standar kualitas yang juga sudah disetujui redaksi.
- Standar ketebalan kertas 70gr.
- Standar ukuran kertas 10cm x 13 cm.
- Standar jenis kertas HVS untuk halaman isi.
- Standar jenis kertas Glossy untuk halaman sampul.
- Standar cetakan berwarna.
- Standar teks baku.

Prosedur:
1.      Para penyumbang naskah menyerahkan naskahnya ke meja redaksi.
2.      Redaksi memilahnya dengan ketat—isian yang mengandung Islami yang menarik sesuai dengan standar kualitas unsur Penerbit.
3.      Naskah yang diproses lebih lanjut, diedit oleh editor, di layout oleh designer grafis, lalu diberikan hasil softcopy hasil dummy majalah yang sudah jadi ke sebuah percetakan.
4.      Setelah percetakan C Media jadi dan dikirimkan ke PT. CHALIFAH FILARDI, maka langsung diadakannya pendistribusian produk ke berbagai tempat di wilayah Jawa maupun luar Jawa oleh bagian pemasaran dengan jumlah eksemplar sesuai dengan perminataan pangsa pasar di kedua wilayah besar tersebut. Diantaranya, toko buku besar di suatu wilayah, agen buku/grosir, dll.
5.      PT. CHALIFAH FILARDI pun bersedia menambah jumlah cetakan/eksemplar dan mendeliver langsung C Media ke konsumen sesuai SOP meski dengan jumlah yang kecil.




                        D.2. Standar Jaringan Komunikasi
            PT. CHALIFAH FILARDI mengembangkan jaringan komunikasi melalui adanya jasa alihdaya (outsourcing) penerbit yang melayani kebutuhan penerbitan, seperti menulis, editing, desain lay-out, penyelenggaraan event. Atau dengan perkumpulan Penulis, Penerbit Buku, Percetakan, Distributor Buku, Agen, Toko Buku, Perpustakaan, Klub Baca/Komunitas, hingga Pembaca.

D.3. Quality Control
PT. CHALIFAH FILARDI memiliki standar kualitas naskah yang islami, memiliki sistem seleksi naskah yang ketat, penulis yang berkompeten, memiliki tim desain yang profesional, dan sebagainya demi menghasilkan kualitas produk yang akan kami terbitkan lebih terjamin.

BAB IV
PENUTUP

4.1.      Hambatan
            Hambatan yang mungkin dihadapi dalam proses perealisasian perusahaan ini adalah tingginya persaingan komsumsi masyarakat terhadap majalah-majalah yang telah ada, pensosialisasian majalah kami-terbitan PT. CHALIFAH FILARDI yang belum dimulai, kekurangpenikmatan masyarakat akan  pentingnya kaedah ilmu agama yang disaji dalam bentuk majalah, dan terbatasnya dana yang mungkin terjadi di pertengahan perusahaan berjalan.

4.2.      Kesimpulan dan Saran
            Semua rencana perusahaan yang telah kami susun bertujuan untuk meluruskan bacaan-bacaan yang ada di semua kalangan generasi, sehingga dapat membiasakan para konsumen untuk membaca bacaan yang mengandung unsur keagamawian dan memberikan pemahaman secara menyeluruh kepada masyarakat umum mengenai Agama Islam—mulai dari sejarah-sejarah Islam—berikut yang dikembangkannya menjadi cerita realita masa kini, kegiatan sosial, dirosat, liqoat, perspektif wijhat, dzikroyat, alamiyat, kiat, jaulat, kearifan komunitas, mukjizat Al-Quran, ufuqiyat, hingga ruhaniyat (nasihat ruhani).
            Kami juga berharap proposal perusahaan ini akan segera terealisasikan segera mungkin. Dengan begitu, kami segenap calon anggota badan PT. CHALIFAH FILARDI memohon segenap doa agar perusahaan kami segera terealisasi. Terima kasih.

                                                                                                    Direktur Utama
( Tika Safitri )

DAFTAR PUSTAKA

[1] Diktat Pengantar Organisasi dan Manajemen Program Vokasi Bidang Kedokteran Universitas Indonesia, hlmn. 44 & 50.
 [2] Download pdf,
            Business Plan Rumah Pengolahan Sampah pdf, 24 Mei 2012.

No comments:

Post a Comment